Ilfa Halal Tour

Berapa Biaya Daftar Haji 2024? Ini Rincian dan Cara Bayarnya!

Biaya Daftar Haji
Bagikan:

Membayar setoran awal termasuk prosedur daftar haji di Indonesia untuk memperoleh nomor porsi. Untuk itu, penting bagi calon jamaah haji tahu biaya daftar haji 2024. 

Sebagai salah satu dari lima rukun Islam, haji merupakan perjalanan spiritual yang didambakan oleh jutaan umat Muslim seluruh dunia. 

Namun, sebelum bisa melangkah ke Tanah Suci, ada berbagai persiapan yang harus dilakukan, termasuk mempersiapkan biaya yang dibutuhkan.

Nah, karena biaya haji tidaklah sedikit dengan antrian yang sangat panjang, calon jamaah haji diharuskan untuk membayar setoran awal haji terlebih dahulu pada tahap pendaftaran. 

Yuk, simak berapa biaya daftar haji 2024 beserta cara pembayarannya di artikel ini!

Rincian Biaya Daftar Haji 2024

Sumber: canva.com

Kementerian Agama RI menyebutkan bahwa biaya daftar haji 2024 baik itu haji reguler maupun haji onh plus adalah sebesar Rp25 juta. 

Biaya haji ini naik dari yang sebelumnya sebesar Rp25 juta pada tahun 2010. Selain itu, Indonesia memang termasuk negara dengan setoran awal haji yang cukup besar. Misalnya, jika dibandingkan dengan Malaysia yang hanya perlu bayar Rp4 juta untuk daftar haji. 

Dilansir dari Detik, tujuan ditetapkan biaya daftar haji sebesar Rp25 juta ini karena Kemenag perlu melihat komitmen masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji.

Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) juga menyebutkan bahwa mudah bagi masyarakat membatalkan komitmen mereka untuk berangkat haji jika setoran awalnya rendah. 

Nantinya, ini juga akan berdampak pada penyelenggaraan haji secara keseluruhan. 

Cara Pembayaran Daftar Haji 2024

Lalu, bagaimana cara bayar setoran awal untuk daftar haji? Pertama-tama, calon jamaah haji perlu membuka rekening tabungan haji di Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH). 

Dengan membayar biaya daftar haji di bank tertentu ini, calon jamaah haji tidak terlalu terbebani karena bisa membayar setoran minimal Rp100 ribu terlebih dahulu. 

Nah nantinya, juga sudah melunasi biaya daftar haji sebesar Rp25 juta, calon jamaah haji akan memperoleh nomor porsi dan bisa menghitung estimasi waktu keberangkatan. 

Selain itu, setelah membayar biaya daftar haji, pihak BPS BPIH akan mengirim bukti setoran awal tersebut sebagai nomor validasi. 

Calon jamaah haji perlu menyimpan bukti setoran awal ini karena akan dipakai untuk bukti validasi keberangkatan ibadah haji.

Namun, sebelum transfer setoran awal ini, calon jamaah haji juga perlu menyelesaikan persyaratan daftar haji lainnya seperti persiapan dokumen dan lain-lain. 

Daftar Bank Penyedia Tabungan Haji 

Selain mengetahui cara membayar setoran haji, penting bagi calon jamaah haji memilih bank yang tepat untuk  membuka tabungan haji. 

Berikut ini beberapa Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) yang juga sudah terdaftar di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT):

  • Tabungan haji Mega Syariah
  • Tabungan haji BCA
  • Tabungan haji BRI
  • Tabungan haji BNI
  • Tabungan haji BSI
  • Tabungan haji Muamalat
  • Tabungan haji Mandiri
  • dan lain-lain. 

Itulah rincian biaya daftar haji dan cara pembayarannya yang perlu diketahui calon jamaah. Ingat, membayar setoran awal haji ini sangatlah penting untuk memperoleh nomor porsi.

Apalagi Indonesia sendiri termasuk negara dengan antrian haji yang cukup panjang. Jika kamu mendaftar dan membayar setoran haji tahun 2024 ini, kamu akan memperoleh nomor porsi atau nomor antrian dengan estimasi keberangkatan 35 hingga 40 tahun kedepan. 

Namun, jika kamu ingin segera melaksanakan haji tanpa harus mengantri puluh tahun, ikut program haji plus atau haji khusus bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Nah, kamu bisa percayakan perjalanan ibadah haji kamu bersama biro travel Ilfa Halal Tour. 

Daftar Haji Tanpa Antri Lama Bersama Ilfa Travel 

Ilfa Halal Tour adalah Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang telah memperoleh izin resmi dari pemerintah lewat Kementerian Agama. 

Bersama program Haji Plus di Ilfa Halal Tour, kamu cukup mengantri 6 hingga 7 tahun untuk bisa berangkat haji ke Tanah Suci. 

Jadi, jika kamu daftar haji plus Ilfa Halal Tour tahun 2024 ini, estimasi waktu keberangkatan haji kamu yaitu pada tahun 2030 atau 2031. 

Yuk, klik disini untuk informasi haji plus Ilfa Halal Tour atau hubungan tim kami melalui WhatsApp sekarang juga!

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda
Artikel Terkait
Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Berapa Biaya Daftar Haji 2024? Ini Rincian dan Cara Bayarnya!.