Tata Cara Daftar Haji 2024 Lengkap Beserta Syarat Setoran Awal

Cara Daftar Haji
Bagikan:

Ibadah haji adalah rukun Islam kelima yang jadi impian hampir seluruh umat Islam. Mengingat proses berangkat haji tidaklah mudah, untuk itu penting bagi calon jamaah tahu tata cara daftar haji. 

Apalagi, cara daftar haji ini tidak selalu sama setiap tahunnya. Bagi yang sudah siap secara fisik maupun materi, mulailah untuk daftarkan haji sesegera mungkin. 

Lalu, bagaimana cara daftar haji 2024? Mari simak prosedur lengkap daftar haji berikut ini. 

Tata Cara Daftar Haji 2024

1. Pilih Cara Keberangkatan Haji 

Pertama-tama, kamu harus memilih program keberangkatan haji terlebih dahulu. Di Indonesia sendiri, terdapat haji reguler dan haji plus atau haji onh plus. 

Secara umum, haji reguler adalah perjalanan haji yang dikelola oleh Kementerian Agama pada Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Dirjen PHU).

Sedangkan haji onh plus adalah perjalanan haji yang diselenggarakan oleh travel haji resmi yang ditunjuk pemerintah sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Dua cara keberangkatan haji di atas memiliki ketentuan yang berbeda, mulai dari masa antrian, biaya, syarat daftar, dan banyak aspek lainnya yang bisa kamu sesuaikan. 

2. Penuhi Seluruh Syarat Pendaftaran Haji 

Setelah menentukan pilihan keberangkatan haji, selanjutnya pastikan juga bahwa kamu atau calon jamaah haji telah memenuhi syarat daftar haji yaitu, syarat dalam Islam agar haji mabrur dan syarat dari Kementerian Agama (Kemenag).

Beberapa syarat umum untuk daftar haji yaitu beragama Islam, minimal berusia 12 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan memiliki beberapa surat dan tanda identitas kependudukan. 

3. Buka Tabungan Haji 

Selanjutnya kamu perlu membuka tabungan khusus haji. Pembuatan rekening tabungan haji ini bisa dilakukan di bank yang telah terdaftar sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Haji (BPS BPIH) oleh pemerintah. 

Beberapa contoh bank yang bisa kamu jadikan pilihan diantaranya, Bank Mega Syariah, BCA, BSI, BNI, Bank Mandiri, Bank Muamalat, dan beberapa bank lainnya. 

Syarat buka tabungan haji ini tidak jauh berbeda dengan buka rekening biasa. Kamu cukup menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan dokumen pendukung lainnya. 

4. Membayar Setoran Awal Haji 

Bersamaan pada saat membuka rekening tabungan haji, kamu akan diminta untuk membayar setoran awal haji sebagai syarat daftar haji reguler. 

Mengacu ke peraturan Kementerian Agama, setoran awal haji ini sebesar Rp25 juta. Jika sudah membayar, kamu akan memperoleh nomor antrian sebagai calon jamaah haji. 

Kamu tidak perlu khawatir dengan biaya setoran awal yang cukup besar, karena beberapa bank menyediakan program tabungan haji dengan minimal setoran yang jauh lebih kecil. 

5. Mengurus Dokumen Persyaratan Daftar Haji 

Untuk mendaftar haji baik itu haji reguler maupun haji plus, persiapan dokumen adalah tahapan yang paling penting. 

Ada beberapa jenis dokumen yang perlu calon jamaah haji persiapkan, diantaranya: 

Dokumen Identitas

  • Paspor dan visa
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran
  • Surat kenal lahir
  • Kutipan akta nikah atau ijazah. 

Surat Menyurat

  • Daftar Administrasi Perjalanan Ibadah Haji (DAPIH)
  • Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH) 
  • Dokumen bukti istitha’ah
  • Bukti vaksin
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Surat Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK) jika daftar haji plus

Dokumen Pelengkap

  • Buku tabungan 
  • Bukti validasi pihak bank 
  • Fotokopi rekening haji 
  • Pas foto

6. Memproses Pendaftaran Haji di Kantor Kemenag atau di Travel Haji Pilihan 

Tahap akhir dari cara mendaftar haji yang harus kamu lakukan yaitu dengan memproses pendaftaran haji ke lembaga terkait. Ini tergantung apakah kamu akan menggunakan haji reguler atau haji onh plus. 

Jika kamu daftar haji reguler, maka silahkan ke kantor cabang Kementerian Agama terdekat dari lokasi kamu, lalu ikuti seluruh prosedur yang diminta pihak Kemenag. 

Namun, jika kamu ingin mendaftar haji plus, kamu bisa percayakan proses keberangkatan haji kamu kepada Ilfa Halal Tour. Bersama Ilfa Halal Tour tunaikan ibadah haji tanpa antri puluhan tahun dengan durasi pelaksanaan haji yang lebih singkat. 

Yuk, wujudkan ibadah haji dengan fasilitas eksklusif dan nyaman bersama Ilfa Halal Tour. Jika ingin daftar atau konsultasi tentang rencana perjalanan haji, kamu bisa klik disini atau hubungi tim Ilfa Travel melalui WhatsApp!

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda
Artikel Terkait
Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Tata Cara Daftar Haji 2024 Lengkap Beserta Syarat Setoran Awal.