Ilfa Halal Tour

Syarat Daftar Haji 2024 yang Wajib Diketahui Calon Jemaah

Syarat Daftar Haji
Bagikan:

Menunaikan ibadah haji adalah impian bagi banyak umat Islam di Indonesia. Sebelum impian tersebut terwujud, penting bagi calon jamaah untuk tahu syarat daftar haji 2024. 

Biasanya, persyaratan daftar haji ini akan mengalami perubahan kecil maupun besar setiap tahunnya. Syarat ini diatur oleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan menyesuaikan kebutuhan serta kondisi di tahun tersebut. 

Untuk itu, artikel ini akan memberikan kamu informasi tentang syarat-syarat daftar haji terbaru di tahun 2024. Mari simak dan pahami hingga selesai, ya!

Syarat Daftar Haji Reguler 2024

Syarat Daftar Haji

Sumber: canva.com

Haji reguler adalah program haji yang dikelola oleh pemerintah sebagai upaya untuk mengatur dan memastikan bahwa pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar dan teratur.

Untuk mendaftar haji di reguler di tahun 2024 ini, calon jamaah haji tak hanya harus memenuhi syarat haji dalam Islam, melainkan juga syarat dari Kementerian Agama.

Berikut ini adalah syarat-syarat haji 2024 yang dikutip langsung dari situs Kementerian Agama Republik Indonesia: 

1. Beragama Islam 

Syarat naik haji yang paling utama pastinya beragama Islam. Sebab ibadah haji termasuk rukun Islam yang kelima dan bersanding dengan syahadat, shalat, puasa, dan zakat. 

Seperti yang diketahui juga, ibadah haji wajib dilaksanakan oleh umat muslim yang mampu, baik itu secara fisik, mental, maupun finansial. 

2. Berusia Minimal 12 Tahun

Saat mendaftar haji, calon jamaah haji harus berusia minimal 12 tahun. Syarat ini juga tercantum dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PMA) Nomor 29/2015.

Nah, karena Indonesia termasuk negara dengan antrian haji reguler yang cukup panjang, maka syarat minimal usia 12 tahun saat daftar haji ini sudah sesuai dengan perhitungannya. 

Ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon jamaah akan berangkat haji dengan kondisi fisik dan mental yang siap untuk menjalankan rangkaian ibadah haji yang cukup berat. 

3. Memiliki Kartu Sah Sesuai Domisili 

Syarat haji yang ketiga yaitu calon jamaah harus punya kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah dan sesuai dengan domisilinya. 

Ini penting untuk memastikan bahwa data calon jamaah valid dan bisa memudahkan proses administrasi dan dokumen berangkat haji lainnya. 

4. Memiliki Kartu Keluarga

Kartu Keluarga (KK) juga termasuk dokumen pendukung yang diperlukan untuk daftar haji.

Dengan KK ini, proses administrasi juga akan lebih mudah karena dapat dipastikan bahwa calon calon jamaah terdata dalam kependudukan. 

5. Memiliki Surat Tanda Lahir Resmi 

Selain berkas KTP dan KK, calon jamaah juga harus menyiapkan surat tanda lahir seperti akta kelahiran sebagai bukti identitas dan tanggal lahir yang valid. 

Dokumen ini juga sangat penting untuk memverifikasi usia calon jamaah, mengingat ada batasan usia minimal yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar haji. 

6. Memiliki Tabungan Atas Nama Calon Jamaah 

Calon jamaah juga harus punya tabungan haji atas nama pribadi. Tujuannya, agar kamu bisa menyiapkan dana yang diperlukan untuk biaya pelaksanaan ibadah haji yang tidak sedikit. 

Buku tabungan haji ini juga berguna untuk memastikan calon jamaah mampu secara finansial untuk menunaikan rukun Islam yang kelima ini. 

Persyaratan Haji Plus 2024

Haji plus adalah program ibadah haji khusus yang dikelola oleh travel haji dan umroh resmi dengan perizinan haji oleh Kementerian Agama. 

Berbeda dengan haji reguler yang perlu menunggu antrian hingga puluhan tahun, lewat travel haji calon jamaah hanya perlu menunggu antrian 6 sampai 7 tahun saja.

Ilfa Halal Tour bisa menjadi jasa travel haji pilihan kamu untuk berangkat ke tanah suci tanpa perlu menunggu puluhan tahun. 

Karena Haji Plus dikelola oleh Ilfa Halal Tour, berikut persyaratan haji yang perlu dipenuhi:

  • Melakukan pembayaran DP sebesar $5.000 atau kurang lebih Rp81 juta
  • Mengisi Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) dan Kemenag
  • Menyiapkan scan dokumen pribadi (KTP, KK, Akte Lahir, buku nikah, dan paspor)
  • Menyiapkan pas foto dengan background putih
  • Menandatangani surat pernyataan kesediaan waiting list
  • Membuat Surat Kuasa Pengurusan Haji ke Kementerian Agama RI kepada Ilfa Travel
  • Membuat Surat Perjanjian antara calon jamaah haji dengan Ilfa Travel
  • Biaya pelunasan mengikuti harga paket pada tahun porsi haji khusus diumumkan berangkat oleh Kemenag

Itulah beberapa syarat daftar haji 2024 yang harus dipersiapkan calon jamaah. 

Meskipun antrian haji di Indonesia bisa mencapai puluhan tahun, namun mempersiapkan syarat daftar haji dari sekarang jadi langkah yang tepat terutama bagi muslim yang mampu.

Namun, apabila kamu ingin segera berangkat haji tanpa perlu mengantri puluhan tahun, Haji Plus adalah pilihan yang tepat. Yuk, percayakan keberangkatan ibadah haji kamu bersama program Haji Plus Ilfa Halal Tour, atau hubungi tim Ilfa Halal Tour melalui WhatsApp sekarang juga!

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda
Artikel Terkait
Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Syarat Daftar Haji 2024 yang Wajib Diketahui Calon Jemaah.