Ilfa Halal Tour

Doa untuk Orang Berangkat Umroh Sesuai Sunnah

Doa Untuk Orang Berangkat Umroh Sesuai Sunnah
Bagikan Artikel

Doa untuk Orang Berangkat Umroh Sesuai Sunnah – Doa adalah senjata orang beriman dan salah satu bentuk ikhtiar kita untuk mencapai tujuan. Berdoa juga merupakan ungkapan rasa syukur dan harapan kita kepada Allah SWT. 

Dalam melakukan umroh, ada beberapa doa yang harus kita baca dan amalkan sesuai sunnah. Doa-doa ini berguna untuk memohon agar perjalanan umroh kita berjalan dengan lancar dan diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

Doa untuk Orang Berangkat Umroh Sesuai Sunnah

Berikut ini adalah beberapa doa untuk orang berangkat umroh sesuai sunnah yang bisa kita baca dan amalkan:

1. Doa Sebelum Berangkat Umroh

Sebelum berangkat umroh, kita harus memohon izin dan doa restu dari orang tua, keluarga, dan teman-teman. Kita juga harus meminta maaf kepada mereka jika ada kesalahan atau hutang yang belum diselesaikan. Selain itu, kita juga harus membaca doa sebelum berangkat umroh sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اُرِيْدُ الْعُمْرَةَ فَيَسِّرْهَا لِى وَتَقَبَّلْهَا مِنِّى وَاجْعَلْهَا لِى مَبْرُوْرَةً

Allahumma innii uriidul ‘umrata fayassirhaa lii wa taqabbalhaa minnii wa aj’alhaa lii mabruurah.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berniat untuk melakukan umroh, maka mudahkanlah untukku dan terimalah dariku dan jadikanlah untukku umroh yang mabrur.”

Doa ini bersumber dari hadits riwayat Imam Bukhari. Doa ini bisa kita baca sebelum meninggalkan rumah atau saat naik kendaraan menuju bandara.

2. Doa Saat Naik Pesawat

Saat naik pesawat menuju Tanah Suci, kita harus membaca doa naik kendaraan sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهٗ مُقْرِنِيْنَ وَإِنَّا إِلٰى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْن

Bismillaahi walhamdulillaahi subhaanal ladzii sakhkhara lanaa haadza wa maa kunnaa lahuu muqriniin wa innaa ilaa robbinaa lamunqalibuun.

Artinya: “Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Maha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. Padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada Rabb kami kami akan kembali.”

Doa ini bersumber dari Al-Qur’an surat Az-Zukhruf ayat 13-14. Doa ini bisa kita baca saat naik pesawat atau saat pesawat akan lepas landas.

3. Doa Saat Melihat Ka’bah

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh jamaah umroh adalah saat melihat Ka’bah untuk pertama kalinya. Ka’bah adalah rumah Allah SWT yang paling mulia dan paling suci. 

Saat melihat Ka’bah, kita harus membaca doa sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ زِدْ هٰذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَّتَعْظِيْمًا وَّتَكْرِيْمًا وَّمَهَابَةً وَّزِدْ مَنْ حَجَّهٗ اَوِ اعْتَمَرَهٗ تَشْرِيْفًا وَّتَعْظِيْمًا وَّبِرًّا

Allahumma zid haadzal baita tasyriifan wa ta’dziiman wa takriiman wa mahabatan wa zid man hajjahuu awi i’tamarahuu tasyriifan wa ta’dziiman wa birra.

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, penghormatan, pengagungan, dan keagungan bagi rumah ini. Dan tambahkanlah kemuliaan, penghormatan, dan kebaikan bagi orang yang haji atau umroh kepadanya.”

Doa ini bersumber dari kitab al-Adzkar al-Nawawiyyah karya Imam Nawawi. Doa ini bisa kita baca saat melihat Ka’bah dari jauh atau dekat.

4. Doa untuk Orang yang Berangkat Umroh

Bagi kita yang tidak berangkat umroh, kita bisa mendoakan orang yang berangkat umroh dengan doa sebagai berikut:

قَبِلَ اللهُ عُمْرَتَك، وَغَفَرَ ذَنْبَك، وَأَخْلَفَ نَفَقَتَك

Qabilakallaahu ‘umrotaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka.

Artinya: “Semoga Allah menerima umrahmu, mengampuni dosamu, dan mengganti biaya yang kamu keluarkan.”

Doa ini bersumber dari hadits riwayat Imam Ahmad. Doa ini bisa kita ucapkan kepada orang yang berangkat umroh saat berpamitan atau saat mengantarnya ke bandara.

5. Doa untuk Ibu Berangkat Umroh

Bagi kita yang memiliki ibu yang berangkat umroh, kita bisa mendoakan ibu kita dengan doa sebagai berikut:

يا الله يا رحمن يا رحيم يا ارحم الراحمين، انت الذي تعلم ما في قلوبنا، انت الذي تعلم ما نحتاجه، انت الذي تعلم ما نرجوه، يا الله يا رحمن يا رحيم يا ارحم الراحمين، برحمتك يا ارحم الراحمين، ان تبارك لأمي في عمرتها، وان تسهل لها كل أمورها، وان تجعل لها من كل ضيق مخرجا، وان تجعل لها من كل هم فرجا، وان تجعل لها من كل بلاء عافية، وان تجعل لها من كل خير نصيبا، وان تجعل لها من كل شر معافية، وان تجعل لها منكل ذنب مغفرة، وان تجعل لها من كل عمل صالح ثوابا، وان تجعل لها من كل عيب سترا، وان تجعل لها من كل نعمة شكرا، وان تجعل لها من كل صلاة قبولا، وان تجعل لها من كل دعاء اجابة، وان تجعل لها من كل خطوة حسنة، وان تجعل لها من كل طواف رحمة، وان تجعل لها من كل سعي مغفرة، وان تجعل لها من كل سجود قربة، وان تجعل لها من كل ركوع عزة، وان تجعل لها من كل تسبيح ذكرا، وان تجعل لها من كل تحميد شكرا، وان تجعل لها من كل تهليل تقوى، وان تجعل لها من كل تكبير عظمة، وان تجعل لها من كل صلاة على النبي صلى الله عليه وسلم شفاعة، وان تجعل لها من كل زيارة إلى قبر النبي صلى الله عليه وسلم رحمة، وان تجعل لها من كل زيارة إلى المسجد النبوي صلى الله عليه وسلم بركة، وان تجعل لها من كل زيارة إلى المسجد الحرام حرمة، وان تجعل لها من كل زيارة إلى المسجد الأقصى قدسية، وان تجعل لها من كل مكان في الأرض مسكنا، وان تجعل لها في الآخرة جنة

Artinya: “Ya Allah ya Rahman ya Rahim ya Arhamar Rahimin, Engkau yang mengetahui apa yang ada di dalam hati kami, Engkau yang mengetahui apa yang kami butuhkan, Engkau yang mengetahui apa yang kami harapkan, ya Allah ya Rahman ya Rahim ya Arhamar Rahimin, dengan rahmat-Mu ya Arhamar Rahimin, berkahilah ibuku dalam umrahnya, dan mudahkanlah segala urusannya, dan jadikanlah baginya dari setiap kesempitan jalan keluar, dan jadikanlah baginya dari setiap kesusahan kemudahan, dan jadikanlah baginya dari setiap musibah keselamatan, dan jadikanlah baginya dari setiap kebaikan bagian, dan jadikanlah baginya dari setiap keburukan perlindungan, dan jadikanlah baginya dari setiap dosa pengampunan, dan jadikanlah baginya dari setiap amal sholeh pahala, dan jadikanlah baginya dari setiap aib penutup, dan jadikanlah baginya dari setiap nikmat syukur, dan jadikanlah baginya dari setiap sholat penerimaan, dan jadikanlah baginya dari setiap doa kabulan, dan jadikanlah baginya dari setiap langkah kebaikan, dan jadikanlah baginya dari setiap thawaf rahmat, dan jadikanlah baginya dari setiap sa’i pengampunan, dan jadikanlah baginya dari setiap sujud kedekatan, dan jadikanlah baginya dari setiap ruku’ kehormatan, dan jadikanlah baginya dari setiap tasbih dzikir, dan jadikanlah baginya dari setiap tahmid syukur, dan jadikanlah baginya dari setiap tahlil taqwa, dan jadikanlah baginya dari setiap takbir keagungan, dan jadikanlah baginya dari setiap sholawat atas Nabi shallallahu alaihi wasallam syafaat, dan jadikanlah baginya dari setiap ziarah ke makam Nabi shallallahu alaihi wasallam rahmat, dan jadikanlah baginya dari setiap ziarah ke Masjid Nabawi shallallahu alaihi wasallam berkah, dan jadikanlah baginya dari setiap ziarah ke Masjidil Haram kehormatan, dan jadikanlah baginya dari setiap ziarah ke Masjidil Aqsha kesucian, dan jadikanlah baginya dari setiap tempat di bumi tempat tinggal, dan jadikanlah baginya di akhirat surga.”

Doa ini bersumber dari kitab al-Adzkar al-Nawawiyyah karya Imam Nawawi. Doa ini bisa kita baca saat ibu kita berangkat umroh atau saat mengantarnya ke bandara.

Hal Dukungan untuk Orang yang Berangkat Umroh

Selain membaca doa-doa di atas, kita juga perlu melakukan beberapa hal sebagai bentuk dukungan untuk orang yang berangkat umroh, seperti:

  • Memberikan hadiah atau oleh-oleh yang bermanfaat bagi mereka, seperti buku doa, tasbih, kurma, air zam-zam, dan lain-lain.
  • Menjaga hubungan baik dengan mereka, seperti mengirim pesan atau video call untuk menanyakan kabar mereka.
  • Menyampaikan salam atau ucapan selamat kepada mereka, seperti “semoga istiqomah”, “semoga baik”, “dan sejahtera selalu”, dan lain-lain.
  • Mendoakan mereka agar diberi keselamatan, kesehatan, kemudahan, dan keberkahan dalam perjalanan umroh mereka.
  • Mengikuti jejak mereka dengan berusaha untuk berangkat umroh juga jika Allah SWT memberi kesempatan.

Semoga Allah SWT mengabulkan doa kita agar bisa berangkat umroh sesuai sunnah dan mengunjungi Rumah-Nya yang Suci. Aamiin ya rabbal ‘alamiin…

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda

Artikel Terkait

Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Doa untuk Orang Berangkat Umroh Sesuai Sunnah.