Ilfa Halal Tour

Pengertian Haji dan Umroh, Harga Tiket Serta Estimasi Uang Saku

Pengertian Haji Dan Umroh
Bagikan Artikel

Dalam agama Islam, ada 2 ibadah yang tidak kalah pentingnya yaitu Haji dan Umroh. Sebagai umat muslim tentu harus mengetahui makna atau pengertian haji dan umroh baik secara bahasa maupun istilah. 

Dalam artikel ini akan dibahas mulai dari pengertian, apa bedanya umroh dan haji, apa saja yang dilakukan saat umroh, hingga harga tiket pesawat dan berapa uang yang harus dibawa saat melaksanakan ibadah tersebut. 

Yuk, simak informasinya pada ulasan artikel di bawah ini!

Pengertian Haji dan Umroh

  • Pengertian Secara Bahasa

Secara bahasa haji artinya menyengaja atau menuju, bermaksud, berniat pergi yang berasal dari kata al-hajju yang berarti al-qashdu.

Sedangkan secara bahasa umroh artinya ziarah. Umroh juga dikatakan sebagai perbuatan menyengaja dengan mendatangi tempat yang biasa selalu dikunjungi. 

  • Pengertian Secara Istilah 

Haji dan Umroh adalah dua bentuk ibadah dalam agama Islam yang melibatkan perjalanan ke Mekah, kota suci umat Islam di Arab Saudi.

Haji adalah ibadah yang wajib dilakukan sekali seumur hidup oleh setiap muslim yang mampu secara fisik, finansial, dan mental untuk melakukan perjalanan ke Mekah. Ibadah haji dilakukan pada bulan Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam kalender Islam, dan melibatkan rangkaian ritual yang ditetapkan oleh syariat Islam, seperti berihram, thawaf, sa’i, dan wukuf di Arafah.

Sementara itu, Umroh adalah ibadah sukarela yang dapat dilakukan oleh setiap muslim kapan saja dalam setahun. Ibadah Umroh melibatkan rangkaian ritual yang mirip dengan ibadah haji, tetapi tidak memiliki kewajiban untuk melakukan wukuf di Arafah.

Singkatnya, Haji adalah ibadah wajib yang dilakukan sekali seumur hidup, sedangkan Umroh adalah ibadah sukarela yang dapat dilakukan kapan saja dalam setahun. Keduanya melibatkan perjalanan ke Mekah dan melaksanakan serangkaian ritual yang ditetapkan oleh syariat Islam.

Persamaan Haji dan Umroh

Ada beberapa persamaan antara haji dan umroh, antara lain sebagai berikut:

1. Tempat Pelaksanaan

Keduanya dilakukan di kota Mekah, Arab Saudi, yang merupakan tempat suci umat Islam.

2. Berihram

Keduanya dimulai dengan mengambil berihram, yaitu memasuki tahapan suci dalam ibadah dengan memakai pakaian ihram, melarang diri dari beberapa hal tertentu, dan membaca talbiyah.

3. Thawaf

Keduanya melibatkan thawaf, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali.

4. Sa’i

Keduanya melibatkan sa’i, yaitu berlari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali.

5. Mabit di Mina

Keduanya melibatkan mabit di Mina, yaitu menginap di tempat yang disebut Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah selama ibadah haji.

Apa Saja yang Dilakukan Saat Umroh ?

1. Berihram

Umrah dimulai dengan mengambil berihram, yaitu memasuki tahapan suci dalam ibadah dengan memakai pakaian ihram, melarang diri dari beberapa hal tertentu, dan membaca talbiyah.

2. Tawaf

Setelah memasuki Masjidil Haram, umat Islam melakukan tawaf yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali searah jarum jam, dimulai dari sudut Hajar Aswad (batu hitam) hingga selesai kembali ke sudut yang sama.

3. Sa’i

Setelah tawaf, dilanjutkan dengan sa’i yaitu berlari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali, dimulai dari Safa dan berakhir di Marwah.

4. Potong Rambut

Setelah menyelesaikan sa’i, umat Islam dapat memotong rambut atau memotong setengah dari rambutnya sebagai tanda berakhirnya ibadah Umroh.

5. Tahalul

Tahalul adalah mengakhiri berihram dengan mandi besar dan melepaskan pakaian ihram.

Dalam pelaksanaannya, Umroh lebih sederhana dibandingkan dengan Haji, namun tetap dijalankan dengan khidmat dan penuh pengabdian kepada Allah SWT.

Berapa Harga Tiket Umroh?

Biaya umroh 2023 tergantung pada beberapa faktor seperti tanggal keberangkatan, durasi perjalanan, jenis paket umroh dan fasilitas yang disediakan oleh travel umroh.

Berikut merupakan rincian biaya umroh tahun 2023:

  • Biaya penerbangan: sekitar Rp8-12 juta
  • Biaya visa umroh: 300 Riyal atau setara Rp1,1 jutaan
  • Biaya asuransi perjalanan: sekitar Rp500 ribu
  • Biaya akomodasi: tergantung pada jenis paket umroh yang dipilih, mulai dari Rp15 juta hingga Rp30 juta
  • Biaya transportasi di Arab Saudi: sekitar Rp500 ribu
  • Biaya makan dan minum: sekitar Rp5-7 juta
  • Biaya perlengkapan umroh: sekitar Rp2 juta
  • Biaya lain-lain: sekitar Rp1-2 juta

Jadi, total biaya umroh 2023 berkisar Rp 30 juta hingga Rp 58 juta tergantung jenis paket umroh dan fasilitas yang diberikan. Selain itu, pada waktu-waktu tertentu biaya umroh juga akan lebih tinggi seperti saat umroh di bulan Ramadan.

Harga Tiket Pesawat Umroh

Tarif penerbangan yang sebelumnya berkisar Rp10 juta hingga Rp 13,5 juta per jemaah (pulang pergi), naik menjadi Rp 16 juta Rp 17 juta. Kenaikan nominal tersebut terjadi pada tahun 2023. Tetapi, harga dan ketersediaannya bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa menyesuaikan dengan jenis tiket yang dipilih. 

Berapa Uang yang Harus Dibawa Saat Umroh

Jika membicarakan uang saku, sebenarnya tergantung pada masing-masing orang. Tetapi, sebaiknya membawa uang saku secukupnya dan tidak terlalu banyak.

Bisanya biro perjalanan akan menanggung semua kebutuhan akomodasi, transportasi, dan konsumsi selama Anda melakukan umrah. Namun, uang jajan juga termasuk kebutuhan tambahan yang tidak disediakan penyelenggara umroh.

Sebut saja belanja oleh-oleh, rata-rata jemaah umrah Indonesia terkenal dengan hobi belanjanya. Jadi, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh sepulang dari umroh, bukan?

Berikut rincian uang saku yang dapat Anda keluarkan saat Umrah, antara lain memakai rumus:

(Jumlah Hari x Konsumsi Harian) + Dana Cadangan

Jadi, jika Umroh 9 hari dengan perjalanan 2 hari, maka waktu yang efektif di Arab Saudi adalah 7 hari. Lalu, 7 hari x konsumsi harian 100 Rial (400.000) adalah 2.800.000.

Jangan lupa masukkan dana cadangan sebesar Rp 1.000.000 ya, maka Anda perlu menyiapkan minimal Rp 3.800.000 atau bisa dibulatkan menjadi Rp 4 juta.

Estimasi biaya ini balik lagi kepada masing-masing setiap orang ya. Ini hanya perhitungan pada umumnya saja. Tetapi bisa menjadi patokan jika Anda merasa bingung dan bisa mempersiapkannya. Ingat, semua balik lagi pada kebutuhan dan sesuaikan dengan kemampuan.

Demikianlah artikel ini dibuat, semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda

Artikel Terkait

Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Pengertian Haji dan Umroh, Harga Tiket Serta Estimasi Uang Saku.