Ilfa Halal Tour

Begini Cara Cek Daftar Tunggu Haji dan Estimasi Keberangkatan

Cara Cek Daftar Tunggu Haji
Bagikan:

Kamu sudah daftar haji dan ingin tahu estimasi keberangkatannya? Begini cara cek daftar tunggu haji secara online dan offline dengan mudah. 

Ada tiga cara mengecek antrian haji yang bisa dilakukan calon jamaah, yaitu cek lewat aplikasi Pusaka, situs Kemenag, dan secara offline. 

Tapi penting untuk diketahui, cek daftar tunggu haji ini hanya bisa dilakukan oleh calon jamaah yang sudah punya nomor porsi. 

Nomor porsi yaitu 10 digit angka yang merupakan nomor identitas resmi calon jemaah haji reguler dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. 

Nomor porsi ini didapatkan setelah calon jamaah menyelesaikan proses pendaftaran haji termasuk membayar setoran awal di bank tempat calon jamaah membuka tabungan haji. 

Cara Cek Daftar Tunggu Haji dan Estimasi Keberangkatan

Sumber: canva.com

1. Lewat Aplikasi Pusaka

Untuk bisa cek daftar tunggu dan estimasi keberangkatan dengan mudah, calon jamaah bisa cek secara online dengan menggunakan aplikasi Pusaka. 

Pusaka merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Agama RI untuk memudahkan calon jamaah haji untuk mengurus proses pendaftaran hingga mengecek porsi haji. 

Berikut ini cara menggunakan aplikasi Pusaka untuk cek antrian haji dan daftar tunggunya: 

  • Download aplikasi Pusaka di Google Play Store atau App Store
  • Buka aplikasi Pusaka 
  • Klik menu “Islam” sebagai verifikasi syarat utama daftar haji 
  • Klik menu “Layanan Haji dan Umrah”
  • Klik “Estimasi Keberangkatan”
  • Masukkan nomor porsi calon jamaah haji di kolom yang disediakan
  • Klik “Cari Nomor Porsi” 
  • Akan muncul informasi lengkap daftar tunggu haji termasuk estimasi tanggal keberangkatan di tahun masehi dan tahun hijriah nya. 

2. Lewat Website Resmi Kementerian Agama 

Cara mengecek antrian haji yang kedua yaitu lewat Kementerian Agama (Kemenag) di situs resminya. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan: 

  • Masuk ke situs resmi Kemenag di haji.kemenag.go.id
  • Klik Estimasi Keberangkatan dengan scroll ke bawah layar
  • Masukkan nomor porsi calon jamaah di kolong yang tersedia
  • Centang “I’m Not Robot”
  • Klik “Cari”, lalu akan muncul informasi estimasi jadwal keberangkatan haji

3. Kunjungi Kantor Kemenag atau Agen Travel 

Selain melalui online, cara cek daftar tunggu haji juga bisa dilakukan secara offline yaitu dengan mengunjungi langsung kantor perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) atau agen travel apabila calon jamaah mendaftar haji plus. 

Berikut ini cara cek antrian haji dan estimasi berangkat ke kantor Kemenag:

  • Datangi kantor perwakilan Kemenag Kabupaten/Kota yang paling dekat dengan domisili kamu.
  • Minta petugas untuk memeriksa daftar tunggu haji dengan memberikan nomor porsi serta identitas tambahan lainnya seperti nama dan nomor ID.
  • Tunggu beberapa saat hingga petugas Kemenag selesai mengecek daftar tunggu dan menginformasi kepada calon jamaah estimasi keberangkatan haji. 

Wujudkan Ibadah Haji Plus Tanpa Antri Puluhan Tahun

Itulah beberapa cara mengecek antrian haji dan estimasi tahun berangkat yang bisa dilakukan calon jamaah haji. 

Berangkat haji ke tanah suci memang menjadi momen yang paling ditunggu calon jamaah haji. Apalagi jika sudah mengantri puluhan tahun lewat program haji reguler pemerintah. 

Pasalnya, proses berangkat haji reguler di Indonesia memang tidak secepat beberapa negara lainnya. Calon jamaah haji harus menunggu antrian hingga 40 tahun lamanya.

Bagi kamu yang ingin segera berangkat haji namun tidak ingin mengantri berpuluh-puluh tahun, haji onh plus atau haji khusus bisa jadi pilihan yang tepat. 

Percayakan keberangkatan ibadah haji kamu ke Ilfa Halal Tour, yaitu biro perjalanan haji dengan antrian hanya 6-7 tahun saja. 

Selain antrian yang berkali-kali lipat lebih cepat, calon jamaah haji plus di Ilfa Halal Tour juga akan memperoleh fasilitas eksklusif yang nyaman. Ingin daftar program haji plus di Ilfa Travel? Klik disini atau hubungi tim Ilfa Travel melalui WhatsApp sekarang juga!

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda
Artikel Terkait
Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Begini Cara Cek Daftar Tunggu Haji dan Estimasi Keberangkatan.