Ilfa Halal Tour

Badal Umroh Untuk Orang Yang Sudah Meninggal: Hukum, Syarat dan Perkiraan Biaya!

badal umroh
Bagikan Artikel

Badal umroh merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi umat Islam. Namun, apa itu badal umroh, khususnya badal umroh untuk orang yang sudah meninggal? Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai hukum badal umroh dan cara melaksanakannya.

Apa Itu Badal Umroh?

Badal umroh adalah tindakan seseorang yang melaksanakan ibadah umroh untuk orang lain yang sudah meninggal atau yang tidak mampu melakukannya karena sakit atau alasan lainnya. Umroh yang dilakukan ini diharapkan dapat mewakili pahala umroh yang seharusnya diterima oleh orang tersebut.

Bagaimana Hukum Badal Umroh?

Para fuqaha atau ahli fiqih sepakat bahwa badal umroh sah hukumnya. Ibnul Mundzir berkata bahwa tidak ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang keabsahan badal umroh dan harta yang dikeluarkan untuk biaya badal umroh. 

Selain itu, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Nabi Muhammad SAW pernah melakukan haji ataupun umroh untuk orang yang sudah meninggal.

Dari segi hukum, para fuqaha berpendapat bahwa jika seseorang memiliki kewajiban umroh atau haji dan meninggal sebelum sempat melaksanakannya, maka gugur kewajibannya. 

Namun, jika keluarga atau orang yang mewarisi harta dari orang yang meninggal merasa perlu untuk melaksanakan umroh atau haji badal, maka hal tersebut diperbolehkan. Dalam hal ini, ahli waris yang mewakili orang yang meninggal harus menggunakan harta yang ditinggalkan untuk biaya badal umroh.

Dalam riwayat lain, seorang wanita pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, 

“Wahai Rasulullah, ibuku telah berjanji untuk melaksanakan umroh, tetapi dia meninggal sebelum sempat melaksanakannya. Apakah boleh saya melaksanakan umroh untuknya?” Rasulullah SAW menjawab, “Ya, laksanakan umroh untuk ibumu. Bukankah jika ibumu memiliki hutang, kamu akan membayarnya? Demikian pula dengan umroh, lunasi kewajiban ibumu dengan melaksanakan umroh untuknya.” (HR. Ibnu Majah)

Berdasarkan hadits tersebut, berfirman dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 5, yang berbunyi “Janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang lemah akal, harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik.”

Apa Saja Syarat Badal Umroh?

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar badal umroh dapat diterima oleh Allah SWT. 

  • Pertama, orang yang akan melaksanakan badal umroh harus sudah melaksanakan umroh atau haji untuk dirinya sendiri. 
  • Kedua, orang yang akan menerima badal umroh harus sudah meninggal atau dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan umroh. 
  • Ketiga, niat harus diletakkan pada awal pelaksanaan umroh, yaitu saat mengenakan ihram.
  • Keempat, rukunnya yang harus dilaksanakan dengan sempurna, seperti tawaf, sai, dan potong rambut atau mencukur.

Berapa Biaya Badal Umroh?

Biaya badal umroh menjadi pertimbangan penting bagi keluarga yang ingin menjalankan amanah ini. Secara umum, biaya badal umroh sama dengan biaya umroh biasa yang mencakup biaya transportasi, akomodasi, dan perjalanan. Namun, terdapat beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan, seperti biaya penyelenggara dan biaya tambahan untuk jasa pihak ketiga yang akan melaksanakan umroh.

Tetap ada perbedaan pendapat di kalangan para fuqaha tentang penerimaan badal umroh dan harta yang digunakan untuk biayanya. Namun, mayoritas ulama sepakat bahwa badal umroh sah hukumnya dan dapat dilaksanakan asalkan memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan sebelumnya.

Sebagai kesimpulan, badal umroh untuk orang yang sudah meninggal adalah amalan yang dianjurkan dalam Islam. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mendoakan dan membantu orang yang telah meninggal dalam mencapai kebahagiaan di akhirat. Namun, perlu diingat bahwa pelaksanaan badal umroh harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh para fuqaha.

Demikianlah pembahasan mengenai badal umroh untuk orang yang sudah meninggal. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memahami hukum badal umroh serta cara melaksanakannya dengan benar.

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda

Artikel Terkait

Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Badal Umroh Untuk Orang Yang Sudah Meninggal: Hukum, Syarat dan Perkiraan Biaya!.