Ilfa Travel

Niat Mandi Ihram Umroh: Latin dan Artinya

Bagikan Artikel

Mandi ihram umroh adalah salah satu sunnah yang dianjurkan bagi jamaah yang akan melaksanakan ibadah umroh. Mandi ihram umroh bertujuan untuk membersihkan diri dan mempersiapkan diri secara rohani untuk memasuki keadaan ihram, yaitu keadaan suci dan khusyuk yang harus dijaga oleh jamaah selama berada di tanah suci.

Niat Mandi Ihram Umroh

Mandi ihram umroh dilakukan sebelum jamaah melangsungkan ihram yang diawali dengan niat ihram. Niat ihram adalah ucapan yang menunjukkan keseriusan dan kesungguhan jamaah untuk melaksanakan ibadah umroh. Niat ihram umroh dilafalkan dalam bahasa Arab sebagai berikut:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ عُمْرَةً

Labbaikallāhumma ‘umratan.

Artinya: “Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah untuk (melaksanakan) umroh.”

Niat ihram umroh ini dilafalkan ketika jamaah telah sampai di miqat, yaitu tempat yang telah ditentukan oleh syariat Islam sebagai batas masuknya jamaah ke dalam keadaan ihram. Miqat untuk jamaah yang datang dari Indonesia adalah Masjid Bir Ali atau Masjid Syajarah yang terletak di sebelah utara kota Madinah.

Sebelum sampai di miqat, jamaah dianjurkan untuk mandi ihram umroh terlebih dahulu. Mandi ihram umroh ini tidak berbeda dengan mandi besar atau mandi junub yang dilakukan setelah berhubungan suami istri atau setelah haid dan nifas bagi wanita. Mandi ihram umroh ini juga diniatkan sebagai ibadah dan sunnah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Niat Mandi Ihram Umroh Lainnya

Niat mandi ihram umroh dilafalkan dalam bahasa Arab sebagai berikut:

نَوَيْتُ غُسْلَ الِإحرَام سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaytu ghuslal ihrāmi sunnatan lilāhi ta‘ālā.

Artinya: “Saya niat mandi ihram sunnah karena Allah SWT.”

BACA JUGA:  Pengertian Haji dan Umroh, Harga Tiket Serta Estimasi Uang Saku

Mandi ihram umroh ini juga disebut sebagai mandi sunnah karena tidak ada dalil yang menunjukkan bahwa mandi ini adalah wajib. Namun demikian, mandi ini sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi jamaah.

Keutamaan Mandi Ihram Umroh

Salah satu keutamaan mandi ihram umroh adalah sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT dan rumah-Nya, yaitu Ka’bah. Dengan mandi ihram umroh, jamaah menunjukkan bahwa mereka bersih dan siap untuk menghadap kepada Allah SWT dan mengelilingi Ka’bah sebagai pusat ibadah umat Islam.

Selain itu, mandi ihram umroh juga bermanfaat untuk membersihkan badan dan jiwa dari segala kotoran dan dosa. Dengan mandi ihram umroh, jamaah dapat merasakan kesegaran dan ketenangan hati yang membantu mereka untuk lebih khusyuk dalam beribadah.

Cara Mandi Ihram Umroh

Cara mandi ihram umroh adalah sebagai berikut:

  1. Berniat dalam hati untuk mandi ihram umroh dengan lafal niat di atas.
  2. Membaca basmalah dan berdoa memohon perlindungan Allah SWT dari syaitan yang terkutuk.
  3. Mencuci kedua telapak tangan hingga bersih.
  4. Mencuci kemaluan dan bagian tubuh yang najis dengan air bersih.
  5. Berwudhu seperti wudhu untuk shalat.
  6. Membasuh seluruh badan dengan air bersih mulai dari kepala hingga kaki.
  7. Membaca doa setelah mandi seperti doa berikut:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي جَعَلَ الْمَاء طَهُورًا وَالْإِسْلام نُورًا وَالتَّوْحِيد فِرْقًا وَالصَّلاة مِفْتاحًا وَالصِّيام جُنَّةً وَالصَّدقة بُرْهانًا وَالصَّبْر ضِياءً وَالْقُرْآن حُجَّةً لِي أو علي

Alhamdulillāhil ladzī ja‘ala almā’a thohūran wal islāma nūran wat tawḥīda firqon wash shalāta miftāḥon wash shiyāma junnatan wash shodaqota burhānon wash shobri dhiyā’on wal qur’āna ḥujjatan lī au ‘alayya.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menjadikan air sebagai penyucian, Islam sebagai cahaya, tauhid sebagai pemisah (antara orang mukmin dan kafir), shalat sebagai kunci (surga), puasa sebagai perisai (dari api neraka), sedekah sebagai bukti (iman), sabar sebagai cahaya (di hari kiamat), dan Al-Qur’an sebagai hujjah (dalil) bagiku atau atasku.”

BACA JUGA:  Bagaimana Cara memilih Travel Umroh yang Benar dan Amanah

Demikianlah artikel tentang niat mandi ihram umroh bahasa latin dan artinya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah umroh atau haji. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita semua dan memberikan kita kesempatan untuk berkunjung ke Baitullah. Aamiin Allahumma Aamiin…

Pilih Travel Umroh Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda

Artikel Terkait

Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang paket umroh.