Ilfa Halal Tour

8 Tips Umroh Pertama Kali agar Aman, Perhatikan Calon Jamaah!

Tips Umroh Pertama Kali agar Aman, Perhatikan Calon Jamaah!
Bagikan Artikel

Untuk calon jamaah, khususnya anak muda atau yang baru pertama kali hendak melakukan umroh. Pasti bertanya-tanya mengenai tips umroh pertama kali agar lancar dan aman, bukan? 

Memang, jika melaksanakan umroh pertama kali tentu wajar saja kalau ada rasa ketakutan tersendiri karena belum berpengalaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk para calon jamaah dalam mengetahui tips ini agar aman dan lancar untuk melaksanakan ibadah umroh. 

Simak ulasannya hingga tuntas ya!

8 Tips Umroh Pertama Kali

1. Mengetahui Musim di Arab Saudi

Mengetahui musim di Arab Saudi merupakan tips umroh pertama kali yang sangat penting. Negara ini memiliki iklim gurun, dengan suhu yang bisa mencapai 40°C di musim panas dan bisa turun hingga sekitar 15°C di musim dingin. 

Sebagai calon jemaah, Anda perlu mempersiapkan pakaian dan perlengkapan lainnya yang sesuai dengan kondisi iklim di sana. 

Misalnya, membawa pakaian berbahan katun yang nyaman dan menyerap keringat di musim panas, serta jaket atau sweater hangat untuk musim dingin.

2. Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan selama berumroh juga sangat penting. Memastikan kondisi kesehatan yang prima sebelum berangkat adalah hal wajib. 

Lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara rutin sebelum berangkat umroh dan pastikan Anda dalam keadaan fit. 

Selain itu, selama berada di Tanah Suci, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. 

Sebagai tips umroh aman, selalu minum air zam-zam dan konsumsi makanan yang bergizi.

3. Membawa Keperluan Pribadi

Membawa keperluan pribadi juga merupakan tips penting lainnya. Beberapa barang yang perlu Anda bawa antara lain: alat sholat, Al-Qur’an kecil, buku doa dan dzikir, obat-obatan pribadi, perlengkapan mandi, dan juga sandal jepit untuk saat tawaf dan sa’i. Selain itu, Anda juga bisa membawa camilan atau makanan ringan dari Indonesia untuk mengantisipasi jika Anda tidak cocok dengan makanan di sana.

4. Mengetahui Aturan di Arab Saudi

Sebagai calon jemaah umroh, penting bagi Anda untuk mengetahui dan memahami aturan yang berlaku di Arab Saudi. 

Hal ini mencakup hukum, adat istiadat, dan juga etika berperilaku di tempat umum. Misalnya, aturan berpakaian yang harus menutup aurat, baik untuk pria maupun wanita, serta etika berbicara dan berinteraksi dengan orang lain. 

Dengan mengetahui aturan ini, Anda bisa menghindari kesalahpahaman dan masalah yang tidak perlu.

5. Mempelajari Kebiasaan di Tanah Arab

Memahami budaya dan kebiasaan lokal juga sangat membantu. Sebagai contoh, di Arab Saudi, saat berbicara, mereka cenderung menggunakan bahasa tubuh yang lebih ekspresif. 

Selain itu, mereka juga memiliki kebiasaan makan dengan tangan kanan, dan sebaiknya Anda juga mengikuti kebiasaan ini saat berada di sana. 

Oleh karena itu, belajar sedikit bahasa Arab dan memahami budaya mereka bisa membantu Anda berinteraksi dengan masyarakat setempat.

6. Manasik

Manasik umroh merupakan serangkaian ritual yang harus dijalani oleh setiap jemaah. Oleh karena itu, sebelum berangkat umroh, sangat penting untuk mempelajari dan memahami tata cara dan urutan pelaksanaan manasik umroh. 

Anda juga harus memahami makna dan hikmah dari setiap rukun dan wajib umroh. Banyak masjid atau lembaga Islam yang menyediakan kelas manasik umroh, dan ini bisa menjadi tempat yang baik untuk belajar.

7. Persiapan Biaya

Tidak kalah penting, Anda juga harus mempersiapkan biaya umroh dengan matang. Selain biaya paket umroh, perlu dipersiapkan pula biaya tambahan untuk kebutuhan pribadi, seperti makanan, oleh-oleh, dan juga dalam kondisi darurat.

Anda juga perlu menyiapkan biaya untuk melakukan sedekah dan wakaf, jika Anda berminat.

8. Pilih Agen Travel Umroh Terpercaya

Dengan memperhatikan semua tips di atas, kami harap perjalanan umroh Anda bisa berjalan dengan lancar dan aman. Ingatlah bahwa tujuan utama berumroh adalah ibadah kepada Allah, jadi lakukanlah dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. 

Gabung Bersama ILFA: Travel Umroh Terpercaya

Kami memberikan pelayanan yang profesional, aman dan terpercaya dalam melakukan jasa travel.

Dengan berinovasi dan meningkatkan standar layanan perjalanan untuk menjelajahi dunia bersama Anda.

Kami menerapkan sistem bisnis Syariah, mengutamakan keamanan dan transaksi yang baik dan benar.

Program-program yang kami produksi sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dalam perjalanan wisata muslim, baik perjalanan umroh dan haji maupun wisata muslim dunia.

Dengan dedikasi dan ketulusan yang tinggi, kami siap melayani wisata Anda.

Kenapa Harus Umroh Bersama ILFA Travel?

  • Terpercaya

Ilfa Travel telah mengantongi izin Haji dan Umroh dari PPIU dan sudah dipercaya oleh lebih dari 2000 jamaah.

  • Hotel Nyaman

Nikmati fasilitas hotel yang nyaman dengan fullboard makanan Indonesia, dan dekat dengan Masjid.

  • Pembimbing Profesional

Kami akan mendampingi perjalanan ibadah anda dengan pembimbing-pembimbing kami yang profesional, berpengalaman, dan sangat ramah, yang akan membuat anda Nyaman dan tenang saat beribadah nanti.

  • Garansi Uang Kembali

Kami menjamin garansi 100% uang kembali jika tidak jadi berangkat.

Bagaimana, menarik bukan? Tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda untuk menjadi bagian dari calon jamaah yang bergabung bersama ILFA Travel. 

Untuk info paket atau jadwal umroh silahkan segera hubungi kami di sini atau mengunjungi website kami di https://ilfahalaltour.com/ 

Semoga niat ibadah umroh Anda dapat dilancarkan dan teraktualisasikan dengan baik bersama ILFA Travel, Travel Umroh yang terpercaya!

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda

Artikel Terkait

Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang 8 Tips Umroh Pertama Kali agar Aman, Perhatikan Calon Jamaah!.