Ilfa Halal Tour

Doa Agar Bisa Umroh: Tips dan Amalan untuk Mewujudkan Impian ke Tanah Suci

Doa Agar Bisa Umroh
Bagikan Artikel

Doa Agar Bisa Umroh – Umroh adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam yang mampu. Umroh merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengikuti jejak Rasulullah SAW. Namun, tidak semua orang bisa dengan mudah melaksanakan umroh. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penghalang, seperti biaya, kesehatan, kesempatan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, bagi kita yang memiliki keinginan untuk berangkat umroh, kita perlu berdoa agar Allah SWT memudahkan segala urusan kita. Doa adalah senjata orang beriman dan salah satu bentuk ikhtiar kita untuk mencapai tujuan. Selain itu, kita juga perlu berusaha dengan sungguh-sungguh dan bersabar dalam menghadapi rintangan.

Berikut ini adalah beberapa doa agar bisa umroh yang bisa kita baca dan amalkan setiap hari:

1. Doa agar Bisa Umroh dan Mengunjungi Rasulullah SAW

اللّٰهُمَّ ارْزُقْنَا زِيَارَةَ بَيْتِكَ الْمُعَظَّمِ وَرَسُوْلِكَ الْمُكَرَّمِ فِي هٰذَا الْعَامِ وَفِي كُلِّ عَامِ بِاَحْسَنِ الْحَالِ يَا كَرِيْمُ يَا رَحْمٰنُ يَا رَحِيْمُ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummarzuqnaa ziyaarota baitikal muaddzom warosuulikal mukarrom fii haadzal aam wafii kulli aam bi ahsanil haal ya kariim ya rohmaan ya rahiim ya arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah berikanlah kami rezeki untuk mengunjungi Rumah-Mu yang Agung dan Rasul-Mu yang Mulia di tahun ini dan setiap tahun dengan keadaan yang paling baik, wahai Dzat yang Maha Mulia, Maha Pengasih, Maha Penyayang, wahai Sebaik-baik Dzat yang Memberi Kasih Sayang.”

Doa ini bersumber dari kitab al-Wasiilatul Hariyyah Fi Al-Shalawati ‘ala khairil Bariyyah karya Syaikh Ahmad Qusyairi. Doa ini juga dikenal sebagai sholawat hajjiyah, karena bisa membantu kita untuk mendapatkan kesempatan berhaji atau umroh

2. Doa agar Dimudahkan Pergi Umroh

اَللّٰهُمَّ الرْزُقْنَا زِيَارَةَ بَيْتِكَ اَلْمُعَظَّمْ وَرَسُوْلِكَ اَلْمُكَرَّمْ فِى هٰذَا الْعَامْ وَفِى كُلِّ عَامْ بِاَحْسَنِالْحَالْ

Allahummarzuqnaa ziyaarota baitikal muaddzom warosuulikal mukarrom fii haadzal aam wafii kulli aam bi ahsanil haal.

Artinya: “Ya Allah berikanlah kami rezeki untuk mengunjungi Rumah-Mu yang Agung dan Rasul-Mu yang Mulia di tahun ini dan setiap tahun dengan keadaan yang paling baik.”

Doa ini bersumber dari kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab karya Imam Nawawi3. Doa ini bisa kita baca setelah sholat lima waktu atau kapan saja kita inginkan.

3. Doa agar Diberi Kemampuan Fisik dan Kesempatan untuk Umroh

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَاِنْ تُرْزِقْنِى حَجًّا اَوْ عُمْرَةً اِلٰى بَيْتِكَ الْحَرَامِ لاَ يُعْسِرُ عَلَىَّ فِيْهِ شَىْءٌ وَلا يُمْنَعُ مِنِّى شَىْءٌ

Allahumma innii as-aluka al-aafiyata fiddunyaa wal-aakhirati wal-fawza bil-jannati wan-najaata minan-naari wa in turzuqnii hajjan aw ‘umratan ilaa baitikal haraami laa yu’siru ‘alayya fiihi syai-un wa laa yuman’u minnii syai-un.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kesehatan di dunia dan akhirat, kemenangan dengan masuk surga dan keselamatan dari neraka, dan berikanlah aku rezeki untuk berhaji atau umroh ke Rumah-Mu yang Suci, yang tidak ada kesulitan apa pun bagiku di dalamnya dan tidak ada yang menghalangiku dari sesuatu.”

Doa ini bersumber dari kitab al-Adzkar al-Nawawiyyah karya Imam Nawawi. Doa ini bisa kita baca setiap hari sebagai permohonan agar Allah SWT memberi kita kemampuan fisik dan kesempatan untuk umroh.

Hal Penting dalam Persiapan Umroh

Selain membaca doa-doa di atas, kita juga perlu melakukan beberapa hal sebagai persiapan untuk umroh, seperti:

  • Menabung secara rutin dan mencari sumber pendapatan halal
  • Mencari informasi tentang biro perjalanan umroh yang terpercaya dan sesuai dengan anggaran
  • Mempelajari tata cara umroh dan hukum-hukum yang berkaitan dengan ibadah tersebut
  • Menjaga kesehatan tubuh dan jiwa dengan berolahraga, makan sehat, dan beribadah
  • Memperbanyak amal sholeh dan bersedekah kepada orang yang membutuhkan
  • Meminta doa restu dari orang tua, keluarga, dan teman-teman

Semoga Allah SWT mengabulkan doa kita agar bisa umroh ke Tanah Suci dan mengunjungi Rasulullah SAW. Aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda

Artikel Terkait

Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Doa Agar Bisa Umroh: Tips dan Amalan untuk Mewujudkan Impian ke Tanah Suci.