Ilfa Halal Tour

Doa dan Tips Berkunjung ke Orang Pulang Umroh, Amalkan Yuk!

Doa dan Tips Berkunjung ke Orang Pulang Umroh, Amalkan Yuk!
Bagikan Artikel

Berkunjung ke Orang Pulang Umroh – Umroh adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Islam dengan berkunjung ke tanah suci Makkah dan Madinah untuk melaksanakan serangkaian ritual tertentu. Umroh berbeda dengan haji, karena umroh bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun, sedangkan haji hanya bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah.

Doa & Hadits Tentang Berkunjung ke Orang Pulang Umroh

Orang yang telah menunaikan umroh disebut dengan mu’tamir atau mu’tamirah. Mereka mendapatkan keutamaan dan pahala yang besar dari Allah SWT, karena telah mengunjungi Baitullah dan makam Nabi Muhammad SAW. Selain itu, mereka juga mendapatkan pengampunan dosa-dosa mereka, sebagaimana sabda Nabi SAW:

وعن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “يغفر الله للحاج ولمن استغفر له الحاج”

“Diceritakan oleh Abi Hurairah bahwa Nabi bersabda: Allah mengampuni dosa orang yang haji dan orang yang ia mintakan ampunan”.

Karena itulah, banyak orang yang ingin berkunjung ke orang pulang umroh, baik untuk bersilaturahmi, mendengarkan kisah perjalanan mereka, maupun meminta doa kepada mereka. Hal ini merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana hadis berikut:

قال صلى الله عليه وسلم إذا لقيت الحاج فسلم عليه وصافحه ومره أن يستغفر لك قبل أن يدخل بيته فإنه مغفور له

“Nabi bersabda: Jika kau bertemu orang yang baru pulang haji, ucapkanlah salam, jabatlah tangannya dan mintalah dia mendoakanmu agar diampuni dosamu sebelum dia masuk rumah. Sungguh dia telah diampuni dosanya”.

Tips Ketika Berkunjung ke Orang Pulang Umroh

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke orang pulang umroh, agar tidak mengganggu ketenangan dan kesehatan mereka, serta agar tidak melanggar adab dan etika. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dijadikan panduan:

  1. Tentukan waktu yang tepat untuk berkunjung. Jangan datang terlalu pagi atau terlalu malam, karena bisa mengganggu istirahat mereka. Pilihlah waktu siang atau sore hari, dan sesuaikan dengan jadwal shalat mereka. Jangan lupa untuk menghubungi terlebih dahulu dan menanyakan kesiapan mereka untuk menerima tamu.
  2. Bawalah oleh-oleh atau hadiah yang bermanfaat untuk mereka. Misalnya, buku-buku islami, tasbih, parfum, atau makanan ringan. Hindari membawa barang-barang yang berlebihan atau mewah, karena bisa menimbulkan rasa riya atau sombong. Juga hindari membawa barang-barang yang tidak sesuai dengan syariat, seperti musik, film, atau majalah hiburan.
  3. Ucapkanlah salam ketika masuk rumah mereka, dan jabatlah tangan mereka dengan hormat. Ucapkanlah ucapan selamat atas keberhasilan mereka menunaikan umroh, dan doakanlah mereka agar mendapatkan keberkahan dan kemuliaan dari Allah SWT. Misalnya, dengan mengucapkan:

“Umrah Mubarok! Semoga Allah menerima doamu dan semoga Dia senang denganmu. Semoga kamu dipenuhi dengan sukacita dan kebahagiaan!”

  1. Dengarkanlah cerita mereka tentang pengalaman umroh dengan penuh perhatian dan antusiasme. Tanyakanlah hal-hal yang ingin kamu ketahui, seperti kondisi tanah suci, suasana ibadah, atau kisah-kisah menarik yang mereka alami. Janganlah memotong pembicaraan mereka, atau mengkritik atau meremehkan apa yang mereka ceritakan.
  2. Mintalah doa kepada mereka agar diampuni dosa-dosa Anda, dan agar diberi kesempatan untuk menunaikan umroh juga. Jangan ragu untuk meminta doa, karena mereka adalah orang-orang yang dekat dengan Allah SWT, dan doa mereka lebih mustajab atau dikabulkan. Ucapkanlah permintaan doa dengan sopan dan rendah hati, misalnya:

“Maaf mengganggu, bolehkah saya meminta doa kepada bapak/ibu? Saya ingin sekali diampuni dosa-dosa saya, dan diberi kesempatan untuk menunaikan umroh juga. Semoga Allah mengabulkan doa kita semua.”

  1. Jangan berlama-lama berkunjung, karena bisa merepotkan mereka. Batasi waktu kunjungan sekitar 15-30 menit saja, kecuali jika mereka mengajak kamu untuk makan bersama atau berbincang lebih lama. Jangan pula meminta-minta sesuatu yang tidak perlu, seperti air zam zam, kurma, atau souvenir dari tanah suci. Jika mereka memberikan sesuatu kepada kamu, terimalah dengan senang hati dan ucapkan terima kasih.
  2. Pamitlah dengan sopan ketika akan pulang, dan ucapkanlah salam kembali. Doakanlah mereka agar selalu berbahagia dan bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada mereka. Juga doakanlah diri sendiri agar bisa mengikuti jejak mereka dalam menunaikan umroh. Misalnya, dengan mengucapkan:

“Terima kasih atas kesempatan berkunjung ini. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada bapak/ibu. Semoga kita semua bisa menunaikan umroh lagi di masa depan. Amin.”

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke orang pulang umroh. Semoga bermanfaat dan semoga Allah SWT memberi kemudahan dan keberkahan kepada kita semua. Aamiin Yarabbal’alamiin…

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda

Artikel Terkait

Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Doa dan Tips Berkunjung ke Orang Pulang Umroh, Amalkan Yuk!.