Ilfa Halal Tour

Kegiatan Umroh Selama 9 Hari yang Perlu Diketahui

Kegiatan Umroh Selama 9 Hari
Bagikan Artikel

Umroh merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Banyak umat Muslim yang berkeinginan untuk melaksanakan ibadah ini di Tanah Suci Mekkah. Pada umumnya, umroh dilaksanakan dalam kurun waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan ibadah haji. Dalam artikel ini, kita akan membahas kegiatan umroh selama 9 hari, yang diharapkan dapat memberikan gambaran bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh.

Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Apa Saja Kegiatan Umroh Selama 9 Hari ?

Hari 1: Keberangkatan dan Persiapan Umroh

Pada hari pertama, Anda akan melakukan keberangkatan menuju Arab Saudi dengan pesawat. Setelah tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah, Anda akan dijemput oleh pihak penyelenggara umroh dan diantar menuju hotel di Mekkah untuk beristirahat dan persiapan melaksanakan umroh.

Hari 2: Melaksanakan Umroh

Pada hari kedua, Anda akan melaksanakan ibadah umroh. Umroh terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, seperti niat, tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, sa’i (berlari-lari kecil) antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali, dan tahallul (potong rambut atau mencukur). Selain itu, jangan lupa untuk mencium Hajar Aswad (batu hitam) jika memungkinkan.

Hari 3: Ziarah ke Jabal Tsur dan Jabal Rahmah

Setelah melaksanakan umroh, pada hari ketiga Anda akan melakukan ziarah ke Jabal Tsur, tempat Nabi Muhammad SAW berlindung dari kejaran kaum Quraisy. Selain itu, Anda juga akan mengunjungi Jabal Rahmah, tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa setelah diusir dari surga. Di tempat ini, Anda dapat berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Hari 4: Ziarah ke Tempat-tempat Bersejarah di Mekkah

Pada hari keempat, Anda akan mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Mekkah, seperti Masjid Taneem (tempat miqat umroh), Masjid Jin (tempat Nabi Muhammad SAW menyampaikan wahyu kepada jin), dan Masjid Bilal (masjid yang dibangun atas perintah Nabi Muhammad SAW untuk sahabatnya, Bilal bin Rabah). Selain itu, Anda juga akan mengunjungi Muzdalifah, tempat pelemparan jumrah dan mengumpulkan batu-batu kecil untuk dilemparkan saat ibadah haji.

Hari 5: Ziarah ke Tempat-tempat Bersejarah di Madinah

Setelah melaksanakan kegiatan di Mekkah, pada hari kelima Anda akan menuju ke Madinah. Di sini, Anda akan mengunjungi beberapa tempat bersejarah, seperti Masjid Nabawi (masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW), Makam Rasulullah SAW, Masjid Quba (masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW), dan Masjid Qiblatain (masjid tempat perubahan kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka’bah). Anda juga akan mengunjungi Jabal Uhud, tempat berlangsungnya Perang Uhud, dan mengenang perjuangan para sahabat Rasulullah SAW.

Hari 6: Ziarah ke Tempat Bersejarah di Madinah (lanjutan)

Pada hari keenam, Anda akan melanjutkan ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Madinah, seperti Pertanian Kurma Ajwah, yang merupakan salah satu jenis kurma terbaik yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Anda juga akan mengunjungi Pasar Kurma Madinah untuk membeli oleh-oleh berupa kurma dan produk lainnya. Selain itu, Anda akan mengunjungi Pemakaman Baqi’, tempat pemakaman para sahabat dan keluarga Nabi Muhammad SAW.

Hari 7: Ibadah dan Ziarah di Madinah

Hari ketujuh akan diisi dengan kegiatan ibadah, seperti shalat berjamaah di Masjid Nabawi, dan berdoa di Raudhah, sebuah area di dalam Masjid Nabawi yang disebut sebagai taman surga. Anda juga akan melaksanakan ziarah ke Masjid Al-Ghamamah, tempat Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat istisqa’ (shalat meminta hujan). Pada hari ini, Anda akan makan siang di restoran lokal yang menyajikan hidangan khas Arab Saudi.

Hari 8: Kembali ke Mekkah dan Tawaf Wada’

Pada hari kedelapan, Anda akan kembali ke Mekkah untuk melaksanakan tawaf wada’ atau tawaf perpisahan. Tawaf wada’ ini merupakan sunnah bagi jamaah umroh dan haji sebelum meninggalkan Tanah Suci. Setelah melaksanakan tawaf wada’, Anda akan kembali ke hotel untuk mengemas barang bawaan dan bersiap-siap untuk kembali ke tanah air.

Hari 9: Kembali ke Tanah Air

Di hari terakhir, Anda akan meninggalkan Mekkah menuju Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah untuk kembali ke tanah air. Semoga pengalaman spiritual yang Anda dapatkan selama kegiatan umroh selama 9 hari ini menjadi bekal yang berharga dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim.

Demikianlah rangkaian kegiatan umroh selama 9 hari yang dapat Anda ikuti. Tentunya, jadwal ini dapat berubah tergantung pada kondisi dan kebijakan pemerintah setempat, serta penyelenggara umroh yang Anda pilih. Selama menjalani ibadah umroh, penting untuk menjaga kesehatan, menjalankan ibadah dengan khusyuk, serta menjaga etika dan sopan santun agar ibadah umroh Anda diterima oleh Allah SWT.

Selama menjalani kegiatan umroh selama 9 hari ini, Anda akan merasakan pengalaman spiritual yang tak terlupakan. Berkunjung ke tempat-tempat bersejarah yang erat kaitannya dengan sejarah Islam akan membuat Anda semakin menghargai perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Selain itu, ibadah umroh juga menjadi momentum yang baik untuk merenungi diri, memperbaiki diri, dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Sebagai penutup, semoga artikel ini dapat memberikan gambaran tentang kegiatan umroh selama 9 hari bagi Anda yang berencana melaksanakan ibadah umroh. Semoga ibadah umroh yang Anda lakukan mendapatkan pahala yang berlimpah dan menjadi amal jariyah yang terus mengalir, serta menjadi penyempurna iman dan takwa Anda sebagai seorang Muslim. 

Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda

Artikel Terkait

Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Kegiatan Umroh Selama 9 Hari yang Perlu Diketahui.