Ilfa Halal Tour

Doa Pulang Umroh untuk Tamu dan Artinya, Ikuti Panduannya!

doa pulang umroh untuk tamu
Bagikan Artikel

Doa Pulang Umroh untuk Tamu – Dalam melakukan umroh, ada beberapa doa yang harus kita baca dan amalkan sesuai sunnah. Doa-doa ini berguna untuk memohon agar perjalanan umroh kita berjalan dengan lancar dan diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

Salah satu doa yang harus kita baca adalah doa pulang umroh. Doa ini dibaca ketika kita telah selesai melaksanakan ibadah umroh dan akan kembali ke tanah air. Berdo’a merupakan ucapan syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT dan permohonan agar ibadah umroh kita diterima oleh-Nya.

Doa pulang umroh juga bisa dibaca oleh orang lain yang tidak berangkat umroh, tetapi ingin mendoakan orang yang berangkat umroh. Biasanya, orang-orang yang ingin mendoakan orang yang berangkat umroh akan mengunjungi rumahnya atau mengantarnya ke bandara. Mereka akan meminta doa pulang umroh agar mereka juga bisa berangkat umroh suatu hari nanti.

Doa Pulang Umroh untuk Tamu Tulisan Arab

Berikut ini adalah beberapa doa pulang umroh untuk tamu dalam bahasa Arab, Latin beserta terjemahannya yang bisa kita baca dan amalkan:

  • Doa Pulang Umroh #Pertama

Doa ini bersumber dari hadits riwayat Imam Ahmad Doa ini bisa dibaca oleh orang yang berangkat umroh atau oleh tamu yang datang mengunjunginya.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَابِهَاحَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil’alamin. Allahumma sholli wasallim wabaarik ‘alaa sayyidina muhammadin sholatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami waziyaarota qobri nabiyyika muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagiNya, Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam serta berkah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, melalui sholawat itu dapat menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.”

  • Doa Pulang Umroh #Kedua

Doa ini bersumber dari kitab al-Adzkar al-Nawawiyyah karya Imam Nawawi. Pada doa ini bisa dibaca oleh orang yang berangkat umroh atau oleh tamu yang datang mengunjunginya.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَا حَجًّا مَبْرُوْرًا، وَعُمْرَتَنَا عُمْرَةً مَبْرُوْرًا، وَسَعْيَنَا سَعْيًا مَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَا ذَنْبًا مَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَا عَمَلًا صَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَا تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِي الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

Allahummaj’al hajjana hajjan mabruron, wa ‘umrotana ‘umrotan mabruron, wasa’ yana sa’yan masykuro, wa dzambanaa dzanban maghfuro, wa ‘amalana ‘amalan sholihan maqbula, watija rotana tijaarotan lan tabuur, yaa ‘aalima maa fis shuduur, akhrijna mina dzulumaati ilannuur.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah kami haji mabrur. Umroh kami yang mabrur, sa’i kami yang disyukuri. Dosa kami yang Engkau ampuni. Amal sholeh kami yang Engkau terima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam hati kita, keluarkan kami dari kegelapan ini menuju cahaya.”

  • Doa Pulang Umroh #Ketiga

Doa ini bersumber dari Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 201. Pada doa ini bisa dibaca oleh orang yang berangkat umroh atau oleh tamu yang datang mengunjunginya.

رّبّنآ ءاتِنآ فِى ٱلدُّنيآ حسنةًۭ وفِى ٱلءاخِرةِ حسنةًۭ وقِنآ عذاب ٱلنّار

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanatan wa fil-aakhirati hasanatan waqinaa ‘adzaaban naar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Hal yang Bisa Dilakukan Selain Memberikan Doa

Selain membaca doa-doa di atas, kita juga perlu melakukan beberapa hal sebagai bentuk rasa syukur dan penghargaan kepada orang yang berangkat umroh, seperti:

  • Memberikan hadiah atau oleh-oleh yang bermanfaat bagi mereka, seperti buku doa, tasbih, kurma, air zam-zam, dan lain-lain.
  • Menjaga hubungan baik dengan mereka, seperti mengirim pesan atau video call untuk menanyakan kabar mereka.
  • Menyampaikan salam atau ucapan selamat kepada mereka, seperti “semoga istiqomah”, “semoga baik”, “dan sejahtera selalu”, dan lain-lain.
  • Mendoakan mereka agar diberi keselamatan, kesehatan, kemudahan dan keberkahan dalam perjalanan umroh mereka.
  • Mengikuti jejak mereka dengan berusaha untuk berangkat umroh juga jika Allah SWT memberi kesempatan.

Demikianlah artikel ini dibuat, semoga Allah SWT mengabulkan doa kita agar bisa berangkat umroh sesuai sunnah dan mengunjungi Rumah-Nya yang Suci. Aamiin ya rabbal ‘alamiin…

Pilih Travel Umroh & Haji Terpecaya untuk Temani Ibadah Anda

Artikel Terkait

Chat Sekarang
1
Hubungi Admin WA
Scan the code
Assalamuikum admin, saya ingin bertanya tentang Doa Pulang Umroh untuk Tamu dan Artinya, Ikuti Panduannya!.